Bab1-Fasisme: Apa Itu?

Potongan-potongan surat Trotsky kepada seorang kamerad Inggris, 15 November 1931; dimuat di The Militant, 16 Januari.

Apakah fasisme itu? Istilah ini sebenarnya berasal dari Italia. Apakah semua bentuk kediktatoran kontra revolusioner itu bisa disebut fasis? (Katakanlah sebelum kedatangan fasisme di Italia).

Kedikatoran lama Primo de Rivera di Spanyol, 1923-30, disebut sebagai kediktatoran kaum fasis oleh Komintern. Benarkah hal itu? Kami percaya bahwa menganggap pendapat itu salah.

Gerakan fasis di Italia adalah sebuah gerakan spontanitas massa yang masif, dengan para pemimpin yang berasal dari tingkatan dan garis yang baru. Sebenarnya fasisme pada awalnya merupakan gerakan plebian, disetir dan dibiayai oleh kekuatan borjuis yang besar. Fasisme berkembang dari kaum borjuis kecil, proletariat perkotaan, bahkan pada tingkatan tertentu massa proletar; Mussolini, yang dulunya seorang sosialis, adalah seorang yang tumbuh dan besar dari gerakan ini.

Dilain pihak, Primo de Rivera adalah seorang aristokrat. Dia pernah menempati posisi birokrat dan militer tinggi dan pernah juga menjadi gubernur Catalonia. Dia meraih kesuksesannya dalam perebutan kekuasaan dengan bantuan negara dan militer.
Kedikatatoran Spanyol dan Italia adalah dua bentuk kedikatatoran yang benar-benar berbeda. Adalah penting untuk membedakan keduanya. Mussolini mengalami kesulitan dalam merekonsiliasi institusi-institusi militer lama dengan milisi fasis. Problem ini tidak dialami oleh Primo de Rivera.

Gerakan fasisme di Jerman secara umum lebih mirip dengan gerakan yang terjadi di Italia. Gerakan tersebut adalah gerakan massa, yang pemimpinnya banyak menggunakan demagogi sosialis secara luar biasa. Hal tersebut memang sangat dibutuhkan dalam pembentukan gerakan massa.

Basis asli (bagi fasisme) adalah borjuis kecil. Di Italia, mereka memiliki basis yang sangat luas-borjuis kecil perkotaan besar dan kecil, dan para petani. Di Jerman, serupa dengan di Italia, terdapat basis yang luas bagi fasisme...

Bisa dikatakan, dan benar untuk beberapa tingkatan tertentu, bahwa kelas menengah, fungsionaris negara, administrator swasta, dan sebagainya adalah basis dari fasisme di sana. Ini adalah pertanyaan baru yang perlu dianalisa lebih jauh.
Dalam rangka memprediksi segala hal yang berhubungan dengan fasisme secara benar, adalah perlu untuk memiliki sebuah definisi tentang gerakan ini. Apakah fasisme itu? Apa saja yang menjadi dasar, bentuk, dan karakternya? Bagaimana perkembangannya terjadi? Semuanya perlu kita telaah dengan pendekatan marxis dan ilmiah

No comments: